Senin, 23 Desember 2019

PEKERJAAN MENJADI BLOGGER



BLOGGER


Apa sih pekerjaan blogger? Itulah yang sering ditanyakan oleh banyak orang kepada SL.com ketika berkenalan. Ketika tiba di negara Amerika ini saja, masih ada juga orang yang menanyakan, blogger itu pekerjaannya apa sih? Apakah itu cuma hobi saja? Dari mana income-nya? Ngeblog itu tulisan diary? 

Well.. sebenarnya ini agak sulit tapi mudah untuk dijawab. Tapi baiklah SL.com akan menjelaskan dibawah ini berdasarkan pengalaman.

Beruntung kartu nama SL.com tertulis dengan jelas “Independent Media Online” dan melalui kata “independent” dan “media online” tersebut maka akhirnya orang akan semakin paham atau lebih terbuka untuk memahami arti dan profesi SL.com. Ya, ini merupakan pengalaman SL,com ketika berinteraksi dalam sebuah perkenalan.

Singkat kata, arti “independent” adalah tidak terikat oleh pihak manapun, bahkan dalam dunia usaha yang namanya “independent” adalah tidak bergantung sama orang lain, atau dikenal sebagai usaha mandiri. Sedangkan “media online” adalah sarana yang dipakai untuk melakukan aktifitasnya, yaitu jaringan internet.

Kemudian ada lagi yang bertanya seperti ini. Kenapa blogger SL.com bisa dikirim oleh perusahaan Ford ke Amerika? Bahkan, katanya blogger itu adalah orang-orang yang suka iseng dan sering menulis dengan seenaknya?


Ya, untuk menjawa ini sih tergantung dari masing-masing pribadi dan perusahaan itu sendiri. Seberapa penting kehadiran blogger bagi perusahaan? Tentu saja perusahaan tersebut yang akan menilai sendiri. Memang ada jutaan blogger yang beredar dan memiliki website dengan nama-yang unik. Diantaranya ada yang tidak punya indentitas jelas, dan ada juga yang punya indentitas jelas.

Namun sekedar informasi saja, bahwa yang namanya dunia digital media, jaringan internet, dunia gadget, social media, semuanya kini berkembang dengan pesat. Lihat saja hampir semua orang punya e-mail, punya smartphone, netbook dan pc desk. Demikian pula perusahaan punya link ke facebook dan twritter. Mereka berlomba ingin mendapatkan fans dan follower yang banyak dari pengunjung internet.

Blogger merupakan salah satu pelaku orang-orang yang menulis artikel, sekaligus memuat photo yang bisa disebarluarkan melalui beragam fasilitas tersebut diatas. Tentu saja tak heran jika perusahaan ingin pula mendapatkan tulisan-tulisan positif dari kalangan blogger. Dengan merangkul blogger, paling tidak perusahaan akan semakin eksis, apalagi ketika orang browsing di internet, setidaknya brand dan informasi yang dicari akan lebih mudah didapat melalui google.

Oops.. sebagai catatan bahwa masing-masing blogger adalah unik. Tak semua blogger ingin menulis brand perusahaan. Masing-masing blogger punya gaya dan cara tersendiri, dan ini tergantung dari pada tujuan ngeblognya. Ada blogger yang idealis, ada pula blogger yang non-commercial, adapula yang jarang posting artikel, dan semuanya bisa dibaca melalui gaya bahasa di blognya masing-masing.

Berikut mengenai bagaimana sih menjadi seorang blogger yang baik :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar